Kece Badai » Umum » 7 Bangunan Unik dengan Struktur Mengesankan yang ada di Dunia

7 Bangunan Unik dengan Struktur Mengesankan yang ada di Dunia

Di dunia ini, terdapat banyak bangunan aneh dan unik yang dibangun dengan maksud tertentu. Ada yang bertujuan hanya untuk estetika saja, ada juga yang mempunyai makna tertentu.

Seperti beberapa bangunan unik dan agak nyeleneh yang ada di dunia berikut ini!

1. Museum Guggenheim

Bangunan unik Museum Guggenheim
Museum Guggenheim

Kota Bilbao, Spanyol, mempunyai bangunan unik, yaitu Museum Guggenheim. Bangunan ini hasil karya arsitek Kanada-Amerika Frank Gehry dan terbuka untuk umum pada tahun 1997.

Sebenarnya museum Guggenheim ini adalah kompleks dari beberapa bangunan yang saling berhubungan.

Seluruh bangunan museum berlapis titanium, batu kapur dan kaca.

Museum ini terletak pada sepanjang sisi sungai Nervion, yang juga menjadikan pemandangan museum begitu mengesankan.

Bangunan berbentuk aneh ini berisi karya-karya khusus seniman kontemporer. Koleksi lukisan Eropa dan Amerika juga menjadikan museum ini sebagai salah satu tempat terbaik untuk dikunjungi di Spanyol.

2. Perpustakaan Kota Kansas

Bangunan Unik Perpustakaan Kota Kansas
Kansas City Public Library

Perpustakaan kota Kansas (Kansas City Public Library) adalah salah satu perpustakaan tertua dan terbesar di dunia. Terletak di kota Kansas Missouri, yang didirikan pada tahun 1873.

Yang membuatnya unik dan tak seperti perustakaan pada umumnya, ialah desain bangunannya yang begitu mengesankan.

Bangunan perpustakaan terlihat seperti buku yang tersusun. Eksterior bangunan ini memiliki dekorasi marmer dan mahoni, menggunakan arsitektur abad ke-20.

Sedangkan interior perpustakaan memiliki dekorasi beton dan terdapat pintu baja seberat 35 ton yang menakjubkan. Setiap bagian dari perpustakaan menargetkan untuk berbagai jenis pembaca.

3. La Pedrera

La Pedrera
La Pedrera

Bangunan unik La Pedrera terletak di kota Barcelona, Spanyol. Butuh waktu 6 tahun untuk menyelesaikan bangunan aneh ini, yang berawal pada tahun 1906.

Yang membangunan struktur indah ini adalah seorang arsitek yang berasal dari Catalan, Antoni Gaudi. Bangunan ini juga terdaftar dalam situs warisan dunia UNESCO.

Bangunan unik ini terlihat memiliki cita rasa seni yang begitu tinggi jika terlihat dari luar. Bagian dalam bangunan juga dirancang untuk untuk menghadirkan cahaya matahari masuk, serta mendapatkan pemandangan kota yang menakjubkan dari atas.

4. Stone House

Stone House
Stone House

Tak kalah uniknya, Stone House alias rumah batu ini memiliki arsitektur yang cukup aneh. Bangunan unik ini terletak di pegunungan Fate, Portugal.

Bangunan unik yang memulai pembangunannya pada tahun 1974 lalu, terinspirasi dari rumah kartun “The Flintstones”. Pada film tersebut rumah-rumah terbuat dari batu, lengkap dengan interiornya.

Struktur terbentuk dari dua batu besar, yang terhubung dengan campuran beton. Keunikan itulah yang membuat bangunan terasa seperti benar-benar pada masa prasejarah.

Dan karena itulah tempat ini juga menjadi salah satu tempat wisata terbaik negara Portugal.

5. Mind House

Mind House
Mind House

Selanjutnya, terdapat Mind House yang terletak di bukit el Carmel kota Barcelona, Spanyol. Butuh waktu 14 tahun untuk menyelesaikan bangunan yang tampak aneh ini, mulai dari tahun 1900. Selain itu, Mind House juga terdaftar dalam situs warisan dunia.

Kompleks ini sebenarnya berisi 60 rumah yang berbeda, kapel, taman, serta memiliki air mancur yang menakjubkan pada bagian tengah.

Patung-patung menakjubkan yang terdapat pada sudut bangunan juga membuat situs ini semakin menarik.

Mind House juga menjadi salah satu destinasi wisata Spanyol yang paling banyak kunjungannya.

6. Zayed National Museum

Bangunan unik Zayed National Museum
Zayed National Museum

Terletak di Pulau Saadiyat, Abu Dhabi, UEA, Zayed National Museum adalah museum pertama di pulau tersebut yang menampilkan sejarah, budaya, dan transformasi sosial-ekonomi negara.

Bangunan unik ini terasa lengkap dengan fitur lima menara berbentuk sayap yang memproyeksikan gundukan lanskap buatan yang memiliki galeri. Menara tersebut tampak seperti cerobong asap termal.

Museum ini memiliki ruang pertunjukan yang berbeda. Auditoriumnya yang besar, berguna untuk presentasi dan film. Lobi berpadu dengan banyak tempat, membuat suasana yang sempurna untuk pertunjukan tradisional termasuk pembacaan puisi, musik, dan tarian.

Baca Juga: Sacsayhuaman: Benteng Kuno Peninggalan Suku Inca

7. Bubble Palace

Bubble Palace
Bubble Palace

Terakhir, bangunan ini juga terkenal dengan nama Palais Bulles. Bubble Palace adalah kediaman besar di Théoule-sur-Mer, dekat dengan Cannes, Prancis.

Bangunan unik ini adalah hasil rancangan arsitek Hongaria Antti Lovag, yang pembangunannya memakan waktu 14 tahun.

Struktur ini sebenarnya dibangun untuk seorang industrialis Prancis. Tetapi kemudian, seorang perancang busana bernama Pierre Cardin membelinya sebagai rumah liburannya.

Bangunan seluas 1.200 meter persegi ini terdiri dari area depan, lounge panorama, amfiteater terbuka berkapasitas 500 kursi, 10 kamar tidur, banyak kolam renang, dan air terjun.

Baca Juga: 7 Kota Terhijau di Dunia yang Ramah Lingkungan

Terlihat tampak unik dan tidak biasa bukan bangunan-bangunan tersebut? Apakah Anda berniat untuk menirunya?

Bagikan Artikel Kece Badai