Kece Badai » Hewan » 10 Burung Tercantik di Dunia dengan Berjuta Pesona

10 Burung Tercantik di Dunia dengan Berjuta Pesona

Burung terkenal dengan kicauannya yang merdu. Selain itu, hewan ini juga banyak yang memelihara karena pesona keindahannya, baik itu dari segi warna maupun bentuknya. Seperti beberapa burung tercantik di dunia ini!

Ada begitu banyak burung-burung cantik yang memanjakan mata. Hampir setiap wilayah memiliki burung yang cuma ada pada tempat tersebut. Tentunya dengan ciri khas yang unik.

Sayangnya, tidak semua burung dapat kita pelihara, karena ada beberapa yang statusnya terancam. Oleh karena itu, burung-burung jenis tersebut terlindungi oleh hukum setempat. Dan sebaiknya memang tidak untuk jadi hewan peliharaan.

Nah, kalau ingin tahu apa saja burung-burung cantik yang ada di dunia, berikut telah Kami rangkum daftarnya!

1. Wood Duck

Wood Duck Burung Tercantik di Dunia
Wood Duck

Pertama dalam daftar, ialah Wood Duck, yang juga merupakan unggas air yang begitu berwarna dan menarik perhatian. Itu menjadikannya sebagai salah satu burung tercantik di dunia.

Burung jantan memiliki ciri kepala dan jambul berwarna metalik, serta hijau keunguan. Pada bagian perut, terdapat warna putih dan pada bagian dada berwarna merah tua. Lehernya memiliki garis-garis putih sempit yang menarik. Sayap mereka bercorak biru dan hitam.

Sedangkan yang betina, tidak begitu berwarna seperti jantan. Mereka memiliki kepala berwarna abu-abu kecoklatan, perut putih dan dada berbintik putih.

Untuk menarik perhatian lawan jenis, burung jantan mengandalkan corak warnanya saat musim kawin.

Unggas cantik ini menghuni rawa-rawa, hutan rawa dan sungai seluruh Amerika Utara.

Dengan warna dan bentuknya yang unik, Wood Duck juga merupakan salah satu burung yang paling mudah dikenali di Amerika Utara.

Yang membuatnya unik, bebek ini tidak seperti unggas air pada umumnya, mereka membuat sarang pada lubang pohon dan membentuk kawanan.

2. Bohemian Waxwing

Bohemian Waxwing
Bohemian Waxwing

Selanjutnya, ada Bohemian waxwing. Burung kicau ini berukuran sedang dengan ciri khas kepala jambul dan garis hitam pada wajah.

Jika melihat tampilannya secara keseluruhan, burung cantik ini berwarna abu-abu kecoklatan dan sayapnya memiliki tepi putih dan kuning.

Tidak cuma fisiknya yang cantik, Bohemian Waxwing juga merupakan salah satu burung kicau dengan suara terindah. Mereka salah satu pengicau dengan nada tinggi.

Habitat alami burung ini tersebar sepanjang hutan-hutan boreal seluruh Amerika Utara dan Eurasia. Sebagian besar terdapat pada wilayah Kanada dan Alaska. Mereka membuat sarang pada dahan-dahan pohon.

Saat musim dingin, mereka bermigrasi dalam kelompok besar ke bagian Barat Laut Amerika Serikat.

Makanan alami burung cantik ini adalah serangga dan buah beri.

3. Merak

Merak
Merak

Burung tercantik di dunia selanjutnya adalah Merak. Terdapat tiga jenis merak yang terkenal, antara lain India, Kongo, dan merak hijau. Yang paling umum adalah jenis India.

Perhatikan saja, rata-rata kebun binatang selalu menghadirkan burung merak sebagai daya tarik kebun binatang tersebut.

Merak terkenal karena keindahan bulu ekornya yang berwarna-warni. Pola warna inilah yang menjadi andalannya untuk menarik lawan jenis.

Selain memiliki corak bulu yang indah, Merak juga termasuk salah satu burung terbang terbesar sejagat raya. Bayangkan saja, hewan ini bisa tumbuh sampai 1,5 meter panjangnya, 60% dari panjang keseluruhan adalah bagian ekornya.

Yang membuat bulu Merak unik adalah saat terpantul cahaya. Ketika itu, bulu terkesan berubah warna, tergantung darimana sudut pandang kita melihatnya.

4. Scarlet Macaw

Scarlet Macaw
Scarlet Macaw

Jika suka hewan berwarna menarik, pasti Anda akan jatuh hati saat melihat burung ini. Scarlet macaw adalah salah satu anggota keluarga macaw terindah dan terbesar. Mereka mendiami hutan cemara lembab Amerika Tengah sampai Amerika Selatan.

Yang membuat burung ini begitu terkenal ialah bulu berwarna-warninya. Mereka memiliki bulu berwarna merah cerah dengan punggung biru. Sayap atas berwarna kuning dan warna hijau pada bagian tepinya.

Ciri lainnya, adalah paruh kuat yang melengkung. Bagian atas berwarna putih, dan bawahnya hitam. Paruh kuat ini berguna untuk memecah biji-bijian dan makanan keras lainnya.

Scarlet macaw dewasa memiliki panjang antara 80-90 cm dengan bobot mencapai 1,5 kg. Mereka adalah penerbang yang sangat baik dan dapat mencapai kecepatan 35 mph.

Selain indah dan kemampuan terbangnya yang memukau, burung ini juga berumur panjang. Mereka bisa hidup sekitar 40 sampai 50 tahun. Bahkan, dalam penangkaran mereka bisa hidup sampai 75 tahun.

Scarlet macaw juga termasuk salah satu burung yang paling cerdas. Jika sudah terlatih dengan baik, mereka dapat dengan mudah mempelajari kata, suara, dan trik. Konon, burung yang terlatih bahkan bisa membedakan warna dan bentuk.

5. Keel-billed Toucan

Keel-billed Toucan
Keel-billed Toucan

Satu lagi burung tercantik di dunia, yaitu Keel-billed toucan. Ia mempunyai ciri khas paruh berwarna yang begitu menakjubkan.

Burung ini memiliki paruh besar berwarna-warni yang akan mencapai panjang hingga 20 cm.

Karena paruhnya yang berwarna-warni, mereka juga mendapat julukan “rainbow-billed toucan”. Warna paruh mereka merupakan campuran warna hijau, merah dan kuning.

Meski terlihat berat, namun paruh burung ini berlubang dan ringan, karena terdiri dari sejenis protein yang bernama keratin.

Mereka menggunakan paruh besar berwarna-warni ini untuk menarik perhatian betina selama musim kawin dan juga sebagai senjata pertahanan.

Persebaran burung cantik ini berada pada sepanjang hutan Amerika Tengah dan Selatan. Mereka membuat sarang pada lubang-lubang pohon dengan kawanannya.

Panjangnya 20 cm dan berat mencapai 4 kg. Bulu mereka sebagian besar berwarna hitam dengan tenggorokan dan dada berwarna kuning.

Makanan alami Keel-billed toucan adalah serangga, kadal, dan telur.

Meski terkenal dengan keindahannya, sayangnya burung ini adalah penerbang yang buruk. Itu karena sayapnya yang tebal. Jadi, ia hanya bisa berpindah dengan cara melompat dari cabang ke cabang pohon lainnya. Mungkin ia keberatan dengan bobot sayapnya!

6. Cendrawasih

Cendrawasih
Cendrawasih

Ingat uang 50 zaman dulu? Ya, koin tersebut bergambar burung Cenderawasih, burung kebanggaan bangsa Indonesia.

Tak diragukan lagi, burung ini masuk dalam daftar burung tercantik di dunia. Lihat saja penampilannya, begitu memukau dengan corak warna serta bulu ekor yang memanjang.

Burung kebanggan Indonesia ini mendiami wilayah Papua, Papua Nugini, sampai Australia Timur. Saking cantiknya, burung ini juga mendapat julukan “Bird of Paradise” alias burung dari surga.

Burung dengan corak warna indah dengan ekor memanjang ini juga menjadi maskot kebanggaan masyarakat Papua.

7. Golden Pheasant

Golden Pheasant
Golden Pheasant

Selanjutnya dalam daftar, adalah Golden Pheasant yang terkenal dengan bulunya yang berwarna cerah. Mereka memiliki lambang kuning keemasan yang indah dengan ujung merah.

Bagian bawah mereka berwarna merah cerah dan wajah. Sisi dan tenggorokan berwarna cokelat berkarat.

Mereka dapat tumbuh hingga 1 meter, dengan ukuran jantan lebih besar daripada betina.

Salah satu burung tercantik di dunia ini hidup di hutan lebat dan Tiongkok Barat dan Tengah.

Meski memiliki tampilan yang cantik, tetapi tidak sebanding dengan kemampuannya. Burung ini merupakan penerbang yang buruk, hampir sebagian besar hidupnya dihabiskan di darat.

Buah beri, biji-bijian dan serangga, merupakan makanan alami favorit mereka.

8. Turaco Jambul Merah

Turaco Jambul Merah
Turaco Jambul Merah

Berikutnya ada burung Turaco Jambul Merah, yang memiliki nama latin Tauraco erythrolophus. Burung cantik ini berasal dari Afrika. Lebih spesifik, dapat ditemukan di sabana, hutan, dan hutan sub-Sahara Afrika.

Burung dengan ciri jambul berwarna merah ini memiliki panjang sekitar 50 cm dengan berat kurang dari setengah kilo. Jambul tersebut dapat berdiri hingga 5 cm.

Ciri fisik lainnya ialah, tubuh yang berwarna hijau, putih, dengan sentuhan hitam pada bagian bawah tubuhnya. Dan pastinya jambul yang berwarna merah.

Makanan utama Turaco adalah biji-bijan, buah, bunga, daun, dan rayap.

Walau ia memiliki tubuh yang cantik, namun burung ini bukanlah penerbang yang baik. Tapi, ia dapat lari dengan sangat cepat.

9. Flamingo

Flamingo Burung Tercantik di dunia
Flamingo

Burung paling cantik selanjutnya ialah Flamingo. Flamingo merupakan burung cantik dengan warna khas kemarahan, lebih tepatnya merah muda atau pucat. Warna tersebut berasal dari sumber makanannya, yaitu udang.

Semakin banyak udang yang mereka konsumsi, semakin memerah tampilannya. Sebaliknya, semakin sedikit udang yang mereka konsumsi, maka warnanya pun akan lebih pucat atau putih.

Warna merah pada tubuhnya ini memberi keuntungan tersendiri, di mana semakin merah flamingo, semakin mudah ia mendapat pasangan. Dengan kata lain, warna pada tubuh flamingo berfungsi sebagai daya tarik terhadap lawan jenis.

Yang membuat burung ini unik ialah sikap berdirinya. Ia terbiasa berdiri atau tidar dengan satu kaki, sedangkan kaki lainnya terselip di bawahnya.

Hewan ini dapat tumbuh hingga satu meter lebih, dengan berat lebih dari 3 kilogram.

10. Burung Quetzal

Quetzal Burung Tercantik di Dunia
Quetzal

Terakhir dalam daftar burung tercantik di dunia adalah Quetzal. Burung dengan nama latin Pharomachrus mocinno ini berasal dari hutan-hutan Meksiko hingga Panama.

Mereka memiliki panjang sekitar 30 cm, dengan bobot tak sampai 1 kg.

Burung Quetzal mudah dikenali, dengan ciri warna merah, biru, dan hijaunya yang indah.

Selain itu, sang Jantan memiliki bulu ekor kembar yang unik (hilang pada saat kawin), sedangkan betina tidak memiliki bulu ekor kembar yang panjang.

Ada lebih dari 10.000 spesies burung sejagat raya ini, semua memiliki ciri khas dan keindahannya masing-masing. Jadi, jika berbicara tentang burung tercantik di dunia, itu bergantung pada persepsi dan pilihan masing-masing yang melihatnya. Anda pilih yang mana?

Bagikan Artikel Kece Badai