Kece Badai » Tips » 10 Cara Menghilangkan Rasa Sedih Berkepanjangan

10 Cara Menghilangkan Rasa Sedih Berkepanjangan

Cara Menghilangkan Rasa Sedih Berkepanjangan

Setiap manusia, pasti pernah mengalami yang namanya kesedihan. Ada yang bisa mengatasinya dengan mudah, ada juga yang sampai berlarut-larut dan berujung pada hal yang tidak baik. Semua itu tergantung bagaimana kita menyikapi masalah tersebut. Inilah bagaimana cara menghilangkan rasa sedih berkepanjangan!

Kalau Kamu sedang dalam keadaan sedih, karena ditinggal sesorang atau karena masalah apapun, mungkin beberapa tips cara menghilangkan rasa sedih berkepanjangan berikut dapat membantu Kamu, atau setidaknya dapat mengurangi beban Kamu.

1. Jangan Tanggung Beban Sendiri

Kamu akan merasa lebih lega kalau masalah dihadapi bersama-sama. Salah satu caranya adalah dengan bercerita dengan sahabat ataupun orang terdekat Kamu.

Dengan mengeluarkan uneg-uneg yang membuat Kamu sedih saja sebenarnya itu sudah sedikit mengobati dan membuat Kamu lebih lega.

Percayalah, sahabat atau orang terdekat akan selalu ada saat Kamu dalam keadaan sedih atau senang. Kalau mereka menghilang saat Kamu butuhkan, itu tandanya mereka bukan sahabat sejati Kamu.

2. Cari Kesibukan

Kesibukan akan membuat Kamu lupa dengan kesedihan yang sedang Kamu alami. Kesibukan itu juga bisa mengalihkan pikiran Kamu dengan sesuatu yang lebih produktif.

Apa saja bisa Kamu lakukan agar membuatmu tetap sibuk, seperti contohnya beberes rumah, atau mencari pekerjaan produktif lainnya.

3. Olahraga

Selain membuat tubuh sehat, ternyata berolahraga memiliki sejumlah manfaat lain yang mengejutkan. Salah satunya dapat menghilangkan kesedihan.

Sedih yang berkelanjutan, dapat memicu efek negatif lain yang sangat merugikan, seperti depresi. Nah, dengan berolahraga, Kamu dapat menekan tingkat depresi ini.

Selain itu, hormon-hormon yang membuat Kamu bahagia serta bersemangat, akan bangkit jika Kamu berolahraga secara rutin.

Pada prinsipnya, dengan berolahraga Kamu akan menimbulkan efek counter dari kesedihan yang sedang Kamu alami, yaitu membuat Kamu lebih bahagia.

4. Refreshing

Untuk menyegarkan otak Kamu yang sedang kusut, tak ada salahnya untuk sejenak mencari tempat yang bisa jadi cara menghilangkan rasa sedih berkepanjangan. Misalnya, ke pantai, gunung, atau kemana pun yang bisa merefresh otak Kamu.

Sekembalinya Kamu dari liburan tersebut, maka otak Kamu akan lebih fresh dan bisa berpikir lebih jernih tentang kesedihan yang sedang Kamu hadapi.

Bagi yang hobi travelling, tak ada salahnya untuk bepergian ke tempat yang Kamu idamkan sejak lama!

Cara Menghilangkan Kesedihan

5. Menangis

Cara menghilangkan rasa sedih berkepanjangan selanjutnya adalah dengan menangis. Rasa sedih itu sangat identik dengan menangis, tidak hanya cewek, cowok pun kalau merasakan kesedihan yang mendalam bisa menangis juga. Dan itu alamiah sekali!

Ada penelitian yang menyimpulkan bahwa menangis dapat membuat tubuh rileks dengan cara melepaskan hormon endorfin. Hormon endorfin adalah zat kimia yang dapat memberi efek tenang pada tubuh.

Selain itu, menangis juga bisa mengaktifkan saraf parasimpatik yang fungsinya dapat memulihkan tubuh yang diakibatkan oleh stres dan trauma.

So, salah satu cara menghilangkan kesedihan yang cukup mujarab adalah dengan menangis. Tapi jangan juga terlalu sering menangis, cukup saat awal kejadian saja.

6. Menghindari Pemicu Kesedihan

Sebenarnya tidak baik melarikan diri dari kenyataan, tapi kalau ditimbang ternyata dengan menghindar akan membuatmu lebih baik, maka lakukan saja untuk sementara.

Karena, pada dasarnya masalah atau kemalangan yang sedang menimpa itu mesti dihadapi dengan kekuatan mental.

Namun untuk situasi saat ini, ada baiknya kalau Kamu menghindar dulu dari pemicu kesedihanmu. Tujuannya untuk memulihkan hatimu dari rasa sedih.

Jika semakin Kamu bersinggungan dengan pemicu kesedihan, kemungkinan Kamu bakal terus terpuruk dan susah terobati. So, dengan menghindar, bisa jadi salah satu cara bijak untuk menghilangkan kesedihan Kamu.

Biarkan waktu menyelesaikan tugasnya untuk mengobati kesedihanmu!

7. Mendengarkan Musik

Salah satu cara ampuh untuk mengatasi kesedihan lainnya adalah dengan mendengarkan musik. Musik, bisa mengubah mood seseorang.

Contoh lagu atau musik yang bagus Kamu dengarkan saat sedang sedih adalah jenis musik instrumental dan suara-suara alam. Cobalah dengarkan Enya, Airstream atau musik alam, dengan begitu perasaan Kamu akan lebih tenang.

Kalau yang suka meditasi, tak ada salahnya juga mendengarkan musik-musik meditatif.

Bisa juga dengan mendengarkan musik-musik bernada mayor yang bersemangat. Itu akan membuat Kamu lebih berenergi dan mood akan bangkit kembali.

Saat seperti ini, sebaiknya jangan dengarkan lagu-lagu melow yang irama dan liriknya bikin kita makin sedih ya!

8. Tersenyum

Memang sangat berat jika harus tersenyum saat keadaan sedang tak memungkinkan. Namun faktanya, ternyata senyum bisa membuat Kamu merasa lebih baik.

Dengan tersenyum, Kamu akan membuat otot-otot yang ada di sekitar mata dan mulut menjadi aktif. Alhasil, itu memberi efek yang baik untuk merubah suasana hati Kamu.

Jika Kamu sudah terbiasa selalu tersenyum, maka jangankan saat keadaan normal, saat sulit saja Kamu bisa senyum!

9. Fokus Pada Kebaikan

Lawan rasa sedihmu dengan fokus pada sesuatu yang baik! Dengan mengalihkan energimu, maka perasaanmu yang buruk di masa sebelumnya akan berputar 180 derajat menjadi kekuatan yang postif.

Fokus pada hal-hal yang baik juga akan melupakan apa yang sedang terjadi, karena Kamu tengah sibuk dengan sesuatu yang baru.

Coba Kamu ingat-ingat hal positif apa yang selama ini sudah Kamu tinggal. Dalam keadaan sekarang, Kamu bisa menjalankan kegiatan positif tersebut. Lakukan saja yang menurut Kamu paling mudah.

Baca Juga: 10 Cara Menghilangkan Rasa Malas Dalam Segala Hal

10. Mendekatan Diri pada Tuhan

Tiada cara yang lebih ampuh untuk menghilangkan kesedihan dibandingkan dengan mendekatkan diri pada Tuhan.

Kamu bisa berdoa dan memohon agar masalah yang membuat Kamu sedih segera teratasi. Atau beribadah sesuai agama dan kepercayaan Kamu masing-masing.

Dijamin, setelah Kamu makin dekat dengan Tuhan, rasa sedihmu akan segera hilang dan Kamu akan selalu berpikir positif dalam segala hal.

Sekarang Kamu sudah tahu bagaimana cara menghilangkan rasa sedih berkepanjangan. So, jangan terlalu larut dalam kesedihan, masih banyak hal yang membuat Kamu bahagia diluar sana!

Bagikan Artikel Kece Badai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *