Kece Badai » Hewan » 10 Hewan Paling Imut dan Lucu di Dunia yang Menggemaskan

10 Hewan Paling Imut dan Lucu di Dunia yang Menggemaskan

Anjing, kucing, kelinci dan hewan peliharaan lain yang lazim kita temui, merupakan hewan yang terkenal lucu dan dekat dengan manusia.

Namun di alam liar, ternyata masih banyak hewan-hewan lucu yang mungkin tidak Anda ketahui. Seperti beberapa hewan paling imut dan lucu di dunia berikut!

1. Kukang

Kukang Hewan Paling Imut dan Lucu

Kenapa hewan ini terlihat lucu dan menggemaskan? Sudah pasti karena matanya yang besar dan tampilannya yang begitu menggemaskan.

Bukan tanpa alasan kukang memiliki mata yang besar, itu karena hewan ini memang tergolong nokturnal, yang artinya hewan ini mengandalkan indera penglihatan mereka.

Selain itu, kukang juga memiliki moncong dan hidung kecil, sehingga banyak orang yang menyukai hewan imut ini. Baik itu dalam bentuk boneka, maupun hewan aslinya.

Namun, meskipun kukang termasuk salah satu hewan paling imut dan lucu, tidak seharusnya orang mendekatinya. Karena, mamalia ini memiliki gigitan yang sangat beracun.

Gigitannya yang beracun, berasal dari kelenjar lengan yang bercampur dengan air liur kukang. Sebenarnya sistem perlindungan ini berguna untuk mencegah predator mendekat.

Meskipun mamalia ini lucu, tetapi sebaiknya kukang hanya untuk dilihat saja, bukan didekati!

2. Meerkat

Meerkat

Pernah dengar nama hewan ini? Coba amati gambar tersebut baik-baik, mereka lucu bukan?

Meerkat adalah luwak kecil yang berasal dari Afrika selatan, dan mereka adalah salah satu hewan sosial paling lucu sejagat raya.

Mereka hidup dalam kelompok besar hingga 30 individu, dan memiliki naluri bertahan hidup yang unik.

Misalnya, satu atau lebih meerkat dalam kelompok, mengambil posisi duduk atau berdiri dengan kaki belakang untuk mengawasi predator.

Meskipun tingkah yang saling menjaga tersebut merupakan bentuk dari pertahanan alami, namun siapapun yang melihatnya akan menganggap kawanan mereka unik dan lucu.

Selain tingkah mereka yang lucu, secara fisik, meerkat juga memiliki tampilan yang tak kalah imut.

3. Koala

Koala

Sudah pasti Koala masuk dalam daftar hewan paling imut dan lucu di dunia ini. Saking lucunya, mamalia ini kerap menjadi souvenir dalam bentuk boneka maupun miniatur.

Walaupun koala adalah hewan yang begitu menggemaskan, tetapi mereka juga cukup berbahaya. Itu karena cakarnya yang tajam, begitu pun dengan giginya.

Koala tak segan-segan menggunakan alat pertahanan tersebut, jika hewan ini merasa terancam.

Sejak kebakaran hutan Australia tahun 2020, populasi Koala menjadi turun drastis, meski sebelumnya hewan ini pun sudah berstatus “Terancam”.

Bagusnya, karena banyak yang menganggapnya hewan paling lucu dan imut di dunia, populasinya masih bisa terjaga.

4. Panda

Panda

Hewan pemakan bambu ini juga kerap menjadi boneka atau mainan anak karena tampilannya yang menggemaskan. Meski begitu, ia pun termasuk salah satu hewan lucu yang berbahaya.

Cakar dan giginya, merupakan sistem pertahanan alami yang melengkapi omnivora ini. Plus, kekuatan hewan ini yang bisa menghancurkan bambu, menjadikan Panda sebagai hewan berbahaya.

Panda tak segan-segan menyerang siapa saja jika mereka merasa terancam. Oleh sebab itu, siapapun sebaiknya tak mendekat jika berjumpa di alam liar.

Orang-orang menyukai Panda karena corak hitam putih tubuhnya, serta bentuk badannya yang gempal. Terutama anak-anak yang menyukai hewan asal Tiongkok ini.

Saking terkenal akan kelucuannya, Panda sering menjadi tokoh dalam film-film kartun, sebut saja Kung Fu Panda yang begitu legendaris.

Selain panda dewasa, bayi panda juga selalu menarik perhatian orang-orang, terutama saat kelahiran mereka di kebun binatang. Tentu bayi panda ini lebih lucu daripada yang dewasa.

5. Berang-berang Laut

berang-berang laut

Berang-berang laut adalah salah satu hewan paling lucu di dunia. Tak cuma fisiknya saja yang imut, tingkah laku mereka juga kerap mengundang orang-orang datang ke kebun binatang untuk menyaksikannya.

Berang-berang laut sering bergandengan tangan saat mereka tidur. Hal itu bertujuan sebagai mekanisme bertahan hidup yang membuat mereka tetap bersama sehingga tidak terpisah.

Perilaku menarik lainnya dari berang-berang laut adalah mereka memiliki kantong tempat penyimpanan batu favorit mereka, yang berguna untuk membongkar aneka kerang atau makanan kesukaan hewan ini.

Mereka juga tak sungkan untuk berinteraksi dengan mainan yang tersedia pada penangkaran, mirip seperti perilaku anak anjing.

Hewan ini memiliki hidung dan mata besar yang terbungkus dengan wajah bulat, membuat siapapun yang memandangnya akan mengatakan mereka “imut”.

6. Quokka

Quokka

Quokka adalah marsupial kecil dalam keluarga yang sama dengan kangguru dan walabi yang berasal dari Australia barat daya.

Mereka menjadi terkenal karena ekspresi wajahnya yang unik, yang sekilas terlihat sangat mirip dengan senyuman.

Hal itu yang kemudian membuat kebanyakan orang yang menjumpainya di alam liar, melakukan apa yang seharusnya tidak mereka lakukan, yaitu berfoto selfie dengan binatang lucu ini.

Quokka umumnya tidak takut pada manusia, dan kegemaran mereka untuk tersenyum, membuat hewan lucu ini mendapat julukan “Hewan paling bahagia sedunia”.

Sekalipun mereka benar-benar lucu, manusia sebaiknya tidak berinteraksi dengannya, karena quokka saat ini terdaftar sebagai hewan yang rentan dan membutuhkan perlindungan.

Lagipula, quokka ini hewan liar yang bisa menggigit juga saat merasa terancam!

7. Lumba-lumba

lumba-lumba

Mamalia laut ini juga menjadi favorit bagi kebanyakan orang, terutama karena aksinya yang lucu, dan kerap hadir dalam pertunjukkan-pertunjukkan hewan.

Kecerdasan lumba-lumba juga membuat orang-orang kagum, selain karena fisiknya yang juga lucu.

Selain itu, manusia juga banyak terinspirasi dari hewan air ini, terutama karena sistem tubuhnya yang sangat kompleks.

Misalnya, kulit lumba-lumba mampu memperkecil gesekan air, sehingga ia dapat berenang dengan lebih gesit. Ini juga yang menginspirasi pembuatan baju renang modern.

Secara alami, lumba-lumba hidup dalam kelompok. Mereka makan ikan-ikan kecil, maupun cumi dan juga berburu secara berkelompok.

Karena mereka mudah bersahabat dengan manusia, ikan ini kerap dilatih untuk menunjukkan kecerdasan mereka. Dan akhirnya, menjadi atraksi yang menarik bagi kita.

8. Rubah Fennec

Rubah Fennec

Rubah Fennec adalah spesies rubah kecil yang berasal dari Gurun Sahara dan Semenanjung Sinai. Mereka sangat beradaptasi dengan lingkungan yang panas dan gersang, sebagian besar berkat telinga mereka.

Pada mamalia, semakin besar telinga mereka, semakin mampu mereka untuk menghilangkan panas. Ini juga yang menjadi alasan utama gajah afrika memiliki telinga terbesar di dunia.

Bagi Fennec Fox, telinga bukanlah satu-satunya adaptasi yang memungkinkan mereka untuk bertahan hidup pada kondisi gurun. Ginjal dan mantel bulu Fennec Fox juga berguna untuk menghadapi gersangnya gurun dan minimnya air.

Soal kelucuan, silahkan amati sendiri gambarnya! Oleh karena itu, banyak yang menjualnya sebagai hewan peliharaan eksotis.

9. Landak Mini

Landak Mini

Belakangan, landak mini jadi buruan para pecinta binatang. Tak aneh, karena memang mereka salah satu hewan paling imut dan lucu di dunia.

Cuma jangan salah, landak mini ini tidak seperti landak hutan yang memiliki duri tajam dan beracun. Durinya memang tajam, tapi kalau sudah terbiasa menyentuhnya, tidak akan terasa tajam.

Hewan dengan nama ilmiah Erinaceus europaeus ini, merupakan jenis omnivora, sehingga tak sulit untuk menemukan makanan favoritnya.

Selain fisiknya yang terlihat imut, landak ini juga terkenal karena tingkahnya yang unik. Ia akan menggulung tubuhnya dan mengeluarkan duri saat merasa ada ancaman. Saat mereka anggap ancaman, justru manusia menganggap tingkahnya lucu.

10. Kura-kura

Kura-kura Brazil

Hewan paling imut dan lucu terakhir adalah binatang dengan tempurung pada pungunggunya, kura-kura.

Kura-kura kerap menjadi hewan peliharaan populer karena bentuknya yang lucu. Biasanya penghobi memelihara kura-kura air. Ciri-cirinya, mereka memiliki selaput pada kakinya, sedangkan kura-kura darat tidak.

Umumnya, orang memelihara kura-kura dalam akuarium atau kolam, yang penting ada tempat untuk ia berjemur. Maklum saja, hewan ini dapat hidup pada dua alam, sehingga ia memerlukan daratan juga.

Jika tertarik untuk memelihara kura-kura air, Anda perlu mengamati jenisnya baik-baik. Yang paling sering ditemui ialah jenis kura-kura Brazil yang bertubuh mungil dan menggemaskan.

Namun jangan terkecoh, ada perbedaan antara kura-kura dan bulus, meski bentuknya sekilas sama, tetapi dalam tempramen agak berbeda. Bulus biasanya sangat agresif jika ada yang mendekat, dan gigitannya dapat merobek kulit.

Baca Juga: Ikan Hias Cantik Tapi Murah

Well, bagaimana hewan paling imut dan lucu di dunia tadi? Mana yang menurut Anda paling menggemaskan?

Bagikan Artikel Kece Badai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *