Kece Badai » Hewan » 12 Ikan Hias Cantik Tapi Murah Harganya

12 Ikan Hias Cantik Tapi Murah Harganya

12 Ikan Hias Cantik Tapi Murah Harganya – Ikan hias memang selalu menarik untuk diperhatikan, apalagi kalau dipelihara dengan baik. Mereka akan menghilangkan stres, sekaligus menghibur dengan lenggak-lenggoknya yang menarik, serta penampilannya yang cantik.

Makanya, dunia ikan hias seperti tak ada matinya, penghobinya kian hari kian bertambah.

Namun, salah satu kendala dalam memelihara ikan hias adalah masalah budget. Dimana ikan yang cantik atau bagus, memiliki harga jual yang tinggi, sehingga tak semua penghobi sanggup membelinya.

Tapi tenang saja, dengan budget terbatas, Anda juga bisa mendapatkan ikan bagus. Seperti beberapa ikan hias cantik tapi murah harganya berikut ini!

1. Maskoki

Maskoki ikan hias cantik tapi murah

Harga: Rp.10.000 – Jutaan

Kesulitan Perawatan: Mudah

Maskoki merupakan salah satu ikan hias cantik, tapi memiliki harga yang murah. Meskipun beberapa variannya punya harga selangit.

Namun, dengan budget yang low, Anda juga sudah bisa membeli ikan yang cantik ini. Misalnya saja ikan maskoki hasil budidaya lokal. Harganya jauh lebih murah daripada jenis import.

Ikan hias air tawar ini terkenal karena tubuhnya yang gempal, serta cara berenangnya yang lucu, sehingga tak cuma orang dewasa saja yang menyukainya, anak-anak juga suka melihat tingkah lucu ikan maskoki.

Beberapa jenis ikan maskoki yang populer seperti Oranda, Ryukin, Lionhead, Mutiara dan Ranchu.

Yang perlu Anda perhatikan dalam pemeliharaan ialah masalah kotorannya. Maskoki termasuk ikan pemakan segala, yang artinya maskoki akan memakan apapun yang Anda berikan.

Karena makannya yang banyak, maka maskoki juga akan menghasilkan kotoran yang banyak pula. Oleh karena itu, jika memeliharanya, rajin-rajinlah membersihkan akuarium.

Selain itu, perhatikan sistem penyaringan air atau filtrasinya. Filter yang baik, akan memastikan kejernihan air, sekaligus menyaring kotoran kasar dan halus.

2. Cupang

Ikan Cupang

Harga: Rp.5.000 – Jutaan

Kesulitan Perawatan: Mudah

Ikan hias cantik tapi murah selanjutnya adalah cupang. Siapa yang tak kenal ikan laga satu ini?

Selain kerap dijadikan ikan laga, Cupang juga memiliki penampilan yang menarik, sehingga banyak yang tertarik memelihara cupang hias.

Belakangan, Cupang juga begitu populer dan sering diperlombakan, terutama cupang hias atau kontes.

Masalah perawatan, cupang merupakan ikan yang mudah perawatannya, serta tidak butuh spesifikasi yang aneh-aneh. Mereka tak butuh gelembung oksigen, filter, maupun aquarium yang luas.

Bahkan, ikan ini bisa hidup walau dengan media toples!

Namun, Anda tidak bisa menyatukan dua cupang jantan secara bersamaan, mereka bisa konflik!

Makanannya pun mudah, mereka bisa diberi pelet halus atau pelet khusus cupang. Toko ikan biasanya punya stok banyak.

Beberapa jenis Cupang yang terkenal antara lain jenis Serit, Halfmoon, Giant, dan Slayer.

Untuk mendapatkan ikan hias ini pun mudah, biasanya setiap toko ikan atau pasar menjualnya. Atau bisa juga mendapatkannya secara online.

3. Manfish

Ikan Manfish

Harga: Rp.15.000 – Ratusan Ribu

Kesulitan Perawatan: Mudah

Orang mengenal ikan manfish dengan istilah “mempis”, jadi kalau Anda bertanya di toko ikan dan tak ada yang tahu ikan manfish, coba tanya ikan mempis, barangkali mereka paham.

Ikan yang bertubuh gepeng berbentuk ketupat ini juga termasuk ikan hias primadona. Selain karena kecantikannya, ikan ini juga tidak susah perawatannya.

Namun, kalau ingin membeli manfish sebaiknya tidak seekor saja, belilah beberapa ekor, karena mereka suka bersosial dengan sesama jenisnya.

Jika digabung dengan ikan lain dalam aquarium, manfish juga termasuk ikan damai, mereka jarang menyerang. Tetapi kalau sudah menjadi penghuni yang lama, mereka akan sedikit agresif atau teritorial.

Makanan ikan manfish bisa pakan alami atau buatan. Alami seperti cacing sutera, udang cincang, cacing beku, cacing kering, dan pakan buatan seperti pelet.

4. Pleco

Pleco Ikan Hias Cantik Tapi Murah

Harga: Rp.5.000 – Ratusan Ribu

Kesulitan Perawatan: Mudah

Mungkin di Indonesia jenis Pleco ini lebih dikenal dengan nama “Ikan Sapu-Sapu”. Meski yang paling dikenal dari ikan sapu-sapu adalah kemampuannya dalam soal bersih-bersih, tetapi sebenarnya beberapa jenis ikan ini memiliki tampilan menarik.

Anda bisa pilih beberapa jenis sapu-sapu hias, seperti Synodontis, Xingu Baryancistrus, Zebra, maupun Snowball yang motifnya cantik.

Dari segi pemeliharaan, Sapu-sapu juga terkenal kuat dan tidak rewel. Mereka bisa makan apa saja yang ada di aquarium, termasuk sisa-sisa pakan berjatuhan.

Namun, jika Anda menginginkan ikan yang berenang aktif, jenis pleco bukanlah pilihan tepat. Karena, mereka cenderung berdiam diri di kaca maupun hiasan yang ada di dalam aquarium.

5. Molly

Molly Ikan Hias Cantik Tapi Murah

Harga: Rp.1.000 – Puluhan Ribu

Kesulitan Perawatan: Mudah

Satu lagi ikan hias cantik tapi murah harganya, yaitu Molly. Ikan kecil ini begitu menarik karena memiliki perut yang buncit dan berwarna cerah. Meski beberapa jenis memiliki warna yang gelap.

Molly jadi pilihan tepat bagi penghobi yang suka ikan kecil dan minim perawatan. Mereka bisa makan pelet, cacing beku, cacing kering, maupun pakan hidup lain yang seukuran mulutnya.

Selain cantik, ternyata ikan molly juga mempunyai keahlian bersih-bersih yang mengagumkan, terutama jenis black molly.

Si black molly ini mampu membersihkan alga rambut yang kerap menempel pada tumbuhan air. So, sangat cocok ditempatkan pada aquarium aquascape.

Anda bisa membeli ikan molly lebih dari seekor untuk memeriahkan aquarium. Berhubung mereka termasuk ikan kecil, sehingga kurang menarik jika hanya dipelihara seekor saja.

Molly juga bisa bergabung ke dalam tank komunitas, karena mereka merupakan ikan damai dan tidak agresif.

Beberapa jenis molly yang populer antara lain, black molly, golden black, silver molly, golden molly, molly balon, maupun jenis liberty.

6. Guppy

Guppy Ikan Hias CAntik Tapi Murah

Harga: Rp.1.000 – Puluhan Ribu

Kesulitan Perawatan: Mudah

Selain molly, Guppy (ikan gapi) juga bisa jadi pilihan tepat untuk mengisi akuarium Anda. Atau Anda bisa gabungkan keduanya.

Ikan guppy yang berwarna-warni sangat cocok untuk jadi penghias akuarium, apalagi jika memeliharanya lebih dari lima ekor.

Warna-warni serta motif ekornya yang menarik, menjadikan guppy cocok untuk dipelihara dalam berbagai tipe akuarium, seperti aquascape maupun akuarium komunitas.

Kekuatan bertahan hidupnya pun juga mengagumkan. Bahkan, Anda bisa memelihara ikan guppy meski tanpa bantuan aerator.

Soal pakan, guppy bisa makan cacing sutera, kutu air, maupun pelet khusus guppy. Dijamin, Anda tidak akan pusing memikirkan makanan ikan cantik ini.

Anda juga bisa menggabungkan ikan guppy dengan jenis lain, asalkan bukan ikan predator atau ikan-ikan yang agresif. Guppy punya tempramen yang damai, dan gemar bersosial dengan sejenisnya.

Jenis-jenis guppy yang populer dikalangan penghobi diantaranya cobra, Japan blue, tuxedo, mozaic, leopard maupun red dragon.

7. Black Ghost

Ikan Black Ghost

Harga: Rp.10.000 – Ratusan Ribu

Kesulitan Perawatan: Sedang

Selain ikan-ikan yang berwarna cerah, ikan hias gelap juga tak kalah cantik, seperti ikan black ghost ini.

Bentuk tubuh serta gaya berenang yang unik, menjadikan ikan ini wajib hadir dalam setiap akuarium komunitas.

Sayangnya, merawat ikan ini susah-susah gampang. Kalau soal kualitas air black ghost tidak terlalu membutuhkan air super bersih. Namun soal makanan, ikan ini membutuhkan perhatian khusus.

Karena black ghost termasuk ikan nokturnal, artinya ia lebih aktif pada malam hari atau saat lampu aquarium mati. Nah, berarti pemelihara pun harus memberi pakan saat malam hari.

Jika diberi makan pada siang hari, terkadang black ghost juga akan respon, namun biasanya ia kalah saing dengan ikan-ikan lainnya.

Soal jenis makanan yang diberikan sih tidak terlalu ribet, ia bisa diberi pelet, cacing kering, maupun makanan hidup lainnya.

Satu hal lagi, jika ingin memelihara black ghost, pastikan Anda menempatkan banyak tempat persembunyian untuk ikan ini. Karena, ia suka sekali bersembunyi, terutama pada siang hari.

8. Tetra

Ikan Neon Tetra

Harga: Rp.1.500 – Puluhan Ribu

Kesulitan Perawatan: Mudah

Rata-rata, ikan-ikan jenis tetra sangat cantik dipelihara dalam aquarium. Sebut saja kardinal dan neon tetra.

Ikan kecil ini menjadi favorit para aquascaper sebagai fauna dalam aquascape mereka. Warnanya yang mencolok serta menyala, sangat kontras dengan background aquascape yang bernuansa hijau.

Selain aquascape, jenis tetra juga cocok menjadi penghuni tank komunitas. Sifat mereka yang tak agresif serta gemar bergerombol, membuat ikan ini jadi pemandangan menarik dalam aquarium.

Dalam hal perawatan, tetra juga bukan ikan yang lemah dan membutuhkan banyak peralatan pendukung.

Makanannya cukup mudah, Anda bisa berikan pelet khusus tetra, maupun makanan hidup lainnya. Yang penting ukurannya pas sama mulutnya.

Walaupun yang paling terkenal adalah neon tetra dan kardinal tetra, namun jenis lain seperti Rummynose Tetra, Congo Tetra maupun Green Fire Tetra, juga bisa jadi pilihan menarik untuk Anda.

9. Discus

Ikan Discus

Harga: Puluhan Ribu – Ratusan Ribu Rupiah

Kesulitan Perawatan: Tinggi

Kami tidak menyarankan bagi pemula untuk memelihara ikan discus. Karena, ikan cantik ini agak sulit untuk dipelihara.

Selain membutuhkan air bersih, Anda juga wajib memberikan peralatan pendukung yang layak. Misalnya aerator, sistem filtrasi yang baik, maupun space aquarium yang cukup luas.

Ikan discus lumayan sensitif terhadap perubahan parameter air. Sehingga pemeliharanya butuh pengetahuan serta jam terbang yang cukup.

Meskipun perawatannya relatif sulit, namun Anda tidak akan kecewa jika berhasil merawat ikan ini. Discus kemungkinan besar akan jadi ikan favorit Anda, karena bentuk dan motifnya yang begitu mempesona.

Untuk merawat keindahan warnanya, discus bisa diberikan makanan khusus seperti burger discus, pelet khusus, maupun makanan hidup yang steril.

Jenis-jenis discus yang terkenal diantaranya blue diamond, red melon, marlboro, pearl pigeon dan leopard. Semua jenis tersebut memiliki warna dan corak yang khas.

10. Komet

Ikan Komet

Harga: Rp.5.000 – Ratusan Ribu

Kesulitan Perawatan: Mudah

Ikan hias cantik tapi murah selanjutnya adalah ikan komet, jenis ikan yang tak terlalu besar dan tak terlalu kecil.

Jika Anda mendambakan ikan yang punya corak indah, berwarna cerah dan murah harganya, jatuhkan pilihan Anda pada ikan komet!

Ikan komet memiliki corak warna seperti ikan koi, namun tubuhnya tidak terlalu besar, dan memiliki ekor yang menjuntai.

Selain cantik dan murah, komet juga termasuk ikan kuat dan bertempramen damai. So, cocok sekali untuk jadi penghias akuarium Anda.

Makanan yang bisa diberikan bervariasi, mulai dari pelet, cacing, maupun makanan beku. Intinya, apa saja makanan yang Anda berikan, ia akan dengan senang hati melahapnya.

Namun, seperti ikan maskoki, semakin banyak ia makan, semakin banyak juga ia mengeluarkan kotoran. Jadi, Anda harus rajin bersih-bersih aquarium.

11. Tiger Barb (Ikan Sumatera)

tiger barb

Harga: Rp.5.000 – Puluhan Ribu

Kesulitan Perawatan: Mudah

Orang-orang juga mengenal tiger barb dengan sebutan ikan Sumatera. Karena memang ikan ini mudah ditemui di Pulau Sumatera.

Sebutan “Tiger” karena motif tubuh ikan jenis “Barb” ini belang-belang mirip Harimau. Warna belangnya pun sama!

Karakternya agak usil, namun tidak membahayakan jenis lain. Yang penting ia dipelihara lebih dari seekor jenis yang sama.

Pakannya pun tidak ribet, cukup berikan pelet berukuran kecil, atau cacing sutera.

Selain gampang perawatannya, ikan sumatera ini juga terkenal kuat dan begitu aktif. Sehingga, cocok menjadi pengisi aquarium bagi yang tidak mempunyai waktu banyak.

Baca Juga: Ikan Paling Berbahaya di Dunia

12. Lemon

ikan lemon

Harga: Rp.10.000 – Puluhan Ribu

Kesulitan Perawatan: Mudah

Ikan hias cantik tapi murah dalam daftar ini ialah ikan lemon. Ikan air tawar ini juga terkenal akan kecantikannya, dengan warna khas lemon yang mencolok sesuai sebutannya.

Cichlid asal Afrika ini merupakan ikan semi-agresif, sehingga tidak bisa asal masuk dalam akuarium. Umumnya, ikan lemon cocok dengan jenis cichlid dari perairan yang sama (Afrika).

Jika satu aquarium dengan ikan yang kalem, apalagi memiliki ekor menjuntai, ikan lemon suka menggigiti sirip mereka. Itu sebabnya ikan ini tidak bisa asal dicampur.

Dari segi pemeliharaan, ikan ini cukup mudah, gesit, serta termasuk ikan kuat.

Anda bisa beri ikan lemon pakan alami dan buatan, seperti udang, cacing, maupun pelet.

Harganya pun cukup terjangkau, mulai dari ribuan hingga puluh ribuan saja. Kabar baiknya, ikan ini mudah ditemui di toko-toko ikan hias mana pun.

Semoga beberapa jenis ikan hias cantik tapi murah di atas dapat memberikan Anda ide. Apapun pilihan Anda, rawatlah dengan sepenuh hati dan gali terus pengetahuan seputar perawatannya.

Bagikan Artikel Kece Badai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *