Kece Badai » Tips » 5 Langkah Sederhana untuk Menjadi Pribadi yang Lebih Baik

5 Langkah Sederhana untuk Menjadi Pribadi yang Lebih Baik

Cara Menjadi Pribadi yang Lebih Baik

Menjadi pribadi yang lebih baik – Hidup ini tidak selamanya mulus, ada kalanya kita mengalami masa-masa sulit. Saat itu, terkadang kita merasa tak berdaya, bahkan sampai mengutuk diri sendiri, karena sulit keluar dari keadaan tersebut.

Maka dari itu, ada baiknya untuk melihat lagi ke dalam diri sendiri, dimana letak kesalahannya. Salah satu caranya adalah dengan berubah menjadi pribadi yang lebih baik.

Tidak mudah memang menjadi pribadi yang lebih baik, tetapi hal tersebut bukan tidak mungkin. Asalkan Anda mau melakukan sedikit perubahan dalam kehidupan sehari-hari, perubahan pasti terjadi.

Jika Anda sudah punya tekad kuat untuk berubah, berikut ini adalah beberapa cara yang patut Anda coba untuk menjadi pribadi yang lebih baik dari hari ke hari.

Menguatkan Tekad untuk Berubah

Pertama, yang perlu Anda lakukan adalah dengan meyakini diri sendiri bahwa perubahan itu mungkin dan pasti terjadi jika Anda mengusahakannya.

Tanamkan dalam pikiran Anda bahwa perubahan itu akan membuat Anda lebih baik, lebih bahagia dari sebelumnya.

Kebulatan tekad ini penting, sebagai pondasi awal perubahan agar nantinya Anda tidak goyah saat rintangan menghadang.

Bisa dibilang, tekad yang kuat ini sebagai benteng pertahanan yang akan menghadang segala godaan dalam menuju perubahan diri.

Menghentikan Kebiasaan Buruk

Tahap selanjutnya untuk menjadi pribadi yang lebih baik, ialah dengan menghentikan semua kebiasaan buruk atau hal negatif yang selalu Anda lakukan.

Bisa jadi salah satu hal yang membuat Anda terpuruk adalah karena sering melakukan kebiasaan buruk tanpa disadari, yang lama-kelamaan mengikis kebaikan dalam diri Anda.

Dengan menghentikan semua kebiasaan buruk, Anda sudah berada pada jalur yang benar. Jadi, jangan ragu untuk melakukannya.

Tidak mudah memang berhenti dari kebiasaan yang sudah sehari-hari kita lakukan, tetapi sekali lagi, itu bukan hal yang mustahil dan bisa Anda lakukan, asalkan memiliki tekad yang kuat untuk berubah.

Salah satu sifat buruk yang hampir dimiliki oleh setiap manusia adalah “Malas”. Jika ingin mengikis sifat ini, Anda bisa baca: cara menghilangkan rasa malas.

Mulai Kebiasaan Baik

Setelah Anda berhasil menghentikan semua aktivitas buruk, selanjutnya cara yang perlu Anda lakukan untuk menjadi pribadi yang lebih baik adalah dengan memulai kegiatan positif.

Kegiatan baik ini bisa Anda lakukan dengan memulai hal yang sederhana, seperti membersihkan tubuh Anda. Bisa juga membaca-baca artikel yang positif, seperti pada Diwa Center.

Mungkin karena terlalu sibuk, Anda sampai lupa bahwa menjaga kebersihan tubuh itu sama dengan mencintai diri Anda sendiri.

Bagaimana mungkin fisik Anda akan mendukung kegiatan Anda bila menjaganya saja Anda enggan!

Intinya, mulailah hal positif berawal dari sesuatu yang terdekat, seperti tubuh kita, keluarga, rumah, lingkungan dan lebih luas lagi.

Banyak sekali contohnya hal baik yang bisa Anda lakukan hanya dengan kemauan dan sedikit pengorbanan.

Setelah terbiasa dengan hal-hal kecil yang positif, Anda dapat memperbanyak lagi hal positif yang bermanfaat bagi sesama.

Konsisten Dalam Kebaikan

Ini adalah poin paling sulit dalam perjalanan menjadi pribadi yang lebih baik, tetap konsisten pada jalan yang lurus!

Mungkin Anda sering dengar orang bijak berkata, “Membeli itu mudah, yang sulit adalah merawatnya”.

Kurang lebih seperti itulah analogi konsistensi, artinya berubah itu lebih mudah, yang susah adalah menjaga perubahan baik itu agar tetap “on the right track”.

Tetapi sekali lagi, konsisten itu bukan hal yang tak mungkin, tetap suatu hal yang mungkin, asalkan sungguh-sungguh dalam mengusahakannya.

Jika Anda ternoda karena satu dua perkara yang menggagalkan konsistensi Anda, jangan berpikir bahwa itu adalah kegagalan total!

Wajar saja manusia melakukan kesalahan, meski sudah mencoba melakukan kebaikan. Ingat, hidup tidak selamanya mulus, pasti ada saja satu dua noda yang mengotori, tetapi itu bisa dicuci bukan?

Untuk menjaga konsistensi dalam kebaikan, ada baiknya untuk mendekat kepada Yang Maha Baik. Mintalah pertolongan Tuhan untuk tetap berada pada jalan-Nya. Caranya, dekat dengan-Nya! Tidak ada cara lain!

Menyebarkan Kebaikan

Tahap akhir untuk menjadi pribadi yang lebih baik, ialah dengan menyebarkan kebaikan itu sendiri. Mulanya berbuat baik untuk diri sendiri, kemudian menyebarkannya kepada yang lain.

Mulailah dari hal yang kecil saja, asalkan itu berdampak positif bagi orang di sekitar Anda. Ajari kebaikan dari apa yang sudah Anda lakukan, tapi jangan terkesan menggurui atau menasehati.

Contohkan dengan sikap dan perbuatan, bukan dengan ocehan atau menyuruh-nyuruh. Lama-kelamaan, orang yang ada di dekat Anda, akan mulai tertular jadi pribadi yang lebih baik juga.

Terkadang, kebaikan itu tidak bisa datang sendiri, perlu diusahakan atau dibantu. Begitu pun dengan orang lain, bisa jadi mereka belum baik, karena tidak ada tangan yang menolongnya.

So, jadilah tangan itu! Sebarkan kebaikan dan kebiasaan yang baik pada semua orang yang Anda kenal. Dengan begitu, Anda sudah melakukan perbuatan baik yang lebih bermanfaat!

Baca Juga: 10 Cara Menjadi Anak Populer yang Tak Terlupakan

Kesimpulan dari semua ini, cara untuk menjadi pribadi yang lebih baik hanya perlu melakukan 4 langkah sederhana:

  1. Menguatkan Tekad untuk Berubah
  2. Menghentikan Kebiasaan Buruk
  3. Mulai Kebiasaan Baik
  4. Konsisten Dalam Kebaikan
  5. Menyebarkan Kebaikan

Jika Anda sudah menerapkan 5 langkah di atas, niscaya perubahan pasti terjadi dalam diri Anda, lambat laun keadaan juga akan berpihak pada Anda. Semua kekecewaan yang Anda rasakan, penderitaan atau bahkan rasa terpenjara, perlahan akan sirna berganti dengan hal yang baik.

Bagikan Artikel Kece Badai