Kece Badai » Umum » 10 Perpustakaan Terbaik dan Termegah di Dunia

10 Perpustakaan Terbaik dan Termegah di Dunia

Seperti salah satu kutipan terkenal dari Albert Einstein:

Satu-satunya hal mutlak yang harus Anda ketahui adalah lokasi perpustakaan.

Kutipan tersebut jelas menggambarkan pentingnya peran sebuah perpustakaan bagi kehidupan, terutama ilmu pengetahuan.

Oleh karena itu, agar pembaca betah berlama-lama menggali ilmu di perpustakaan, para arsitektur membangunnya dengan desain unik nan megah.

Selain untuk membuat pembacanya nyaman, bangunan juga memiliki kapasitas untuk menampung banyak buku agar lebih terorganisir dan mudah untuk dicari.

Di mana saja tempat tersebut? Berikut daftar perpustakaan terbaik dan termegah di dunia!

1. Perpustakaan Umum Stockholm

Perpustakaan Umum Stockholm

Perpustakaan umum Stockholm adalah salah satu landmark terkenal kota Stockholm, Swedia.

Bangunan yang begitu mengagumkan ini adalah hasil rancangan arsitek Swedia Erik Gunnar Asplund pada tahun 1928.

Pada bangunan ini, menampung kurang lebih 4.400.000 item. Koleksinya mencakup 2 juta buku dan 2,4 juta kaset audio dan buku. Dalam koleksinya tersebut, terdapat 100 bahasa yang berbeda.

Yang membuat bangunan ini unik adalah karena terdapat banyak jendela sebagai penerangan alami.

Jika Anda berkunjung ke Swedia, cobalah sambangi perpustakaan ini, selain dapat ilmunya, Anda juga bisa mengagumi arsitektur bangunannya yang luar biasa.

2. Perpustakaan Victoria

Perpustakaan Victoria

Lokasi perpustakaan ini terletak di Victoria, Australia, yang juga menjadi ikon budaya negara bagian ini.

Perpustakaan tersebut menampung total 2,2 juta item. Lebih mengagumkan lagi, terdapat banyak item penting seperti jurnal dan lukisan yang menjelaskan tentang sejarah dan budaya Negara Bagian Victoria.

Koleksi salah satu perpustakaan terbaik di dunia ini mencakup ratusan ribu file audio, peta, gambar, surat kabar, dan manuskrip.

Jurnal penjelajah Australia John Batman yang populer dan baju besi penjaga hutan Australia Ned Kelly adalah dokumen sejarah paling penting dalam koleksi Perpustakaan Negara Bagian Victoria ini.

Selain itu, perpustakaan ini juga menawarkan karya seni dan pameran yang luar biasa bagi para pengunjung.

Galeri Perpustakaan Negara Bagian Victoria memamerkan artefak, gambar, manuskrip, dan peta penting.

Selain koleksinya, pastinya bangunan perpustakaan pun tak kalah menakjubkan. Pada bangunan ini terdapat galeri abad ke-19, aula yang begitu megah, ruang baca berkubah, ruang seminar, dan pusat konferensi.

Namun, tempat favorit pengunjung yang juga jadi andalan perpustakaan yaitu ruang baca La Trobe. Ruangan ini memiliki desain segi delapan dan dapat menampung 600 pembaca sekaligus.

Buat yang suka baca, rasanya tak lengkap kalau ke Victoria tak melipir ke tempat ini!

3. Perpustakaan Admont Abbey

Perpustakaan Admont Abbey

Admont Abbey adalah perpustakaan biara terbaik dan terbesar di dunia. Bangunan megah nan artistik ini merupakan bagian dari biara Admont Abbey di kota Admont negara bagian Styria di Austria.

Bangunan ini memiliki panjang 70 meter dan lebar 14 meter. Langit-langit perpustakaan yang indah memiliki tujuh kubah, yang mewakili tahapan berbeda dalam menemukan informasi baru dan wahyu ilahi.

Perpustakaannya juga terdiri dari sejumlah patung yang mengesankan. Patung-patung tersebut adalah hasil karya pematung Irlandia terkenal Josef Stammer. Desain dan seni secara keseluruhan perpustakaan ini, mewakili pencerahan.

Perpustakaan Admont Abbey memiliki koleksi 200.000 buku, 1.400 manuskrip dari abad ke-8 dan 530 Incunabula yang sangat berharga.

Incunabula atau Incunable adalah sebuah buku-buku atau lembaran yang ditulis sebelum abad ke-16 di Eropa.

Terlepas dari koleksi yang tak ternilai, perpustakaan Admont Abbey secara umum terkenal karena seni dan arsitektur bangunannya yang megah.

4. Bibliotheque Nationale de France

Bibliotheque Nationale de France

Bibliotheque Nationale de France merupakan yang terbesar ketiga di Eropa. Dikenal juga sebagai Perpustakaan Nasional Prancis dalam bahasa Indonesia.

Salah satu perpustakaan terbaik ini berdiri pada tahun 1461. Dengan menggantikan bangunan lama, Perpustakaan Nasional Prancis pindah ke gedung baru yang megah pada tahun 1995. Gedung perpustakaan baru ini terkenal dengan rancangan dan fasilitas arsitekturalnya.

Bangunan baru Perpustakaan Nasional Prancis memiliki empat menara berbentuk “L” dengan 24 lantai, yang terletak di sudut platform besar. Struktur uniknya menyerupai buku terbuka. Bangunan ini juga memiliki taman di dalamnya yang megah.

Perpustakaan dapat menampung 1.600 pembaca dalam satu waktu. Teradapat pula area ruang baca pribadi khusus untuk peneliti.

Kaca, baja dan kayu merupakan material utama yang digunakan untuk pembangunan gedung perpustakaan. Selain itu, banyaknya kaca juga bertujuan sebagai pencahayaan alami pada ruang baca.

Koleksi dari perpustakaan ini mencapai 40 juta item, mencakup 14 juta buku dan publikasi, 10 juta dokumen sejarah, 5.000 manuskrip Yunani, ratusan ribu gambar dan peta. Setiap tahunnya, koleksi perpustakaan bertambah 150.000 item baru.

Perpustakaan Nasional Prancis juga menawarkan perpustakaan digital untuk pengguna online yang dinamai Gallica.

Didirikan pada tahun 1997, Gallica memiliki koleksi barang yang sangat banyak termasuk 1,6 juta dokumen, 320.000 buku dan ratusan ribu gambar, peta dan manuskrip.

5. Perpustakaan Kongres

Perpustakaan Terbaik di dunia - Kongres

Salah satu bangunan megah di Washington D.C, AS, adalah perpustakaan terbaik sekaligus terbesar di dunia, dalam hal ruang rak dan jumlah buku.

Perpustakaan terbaik ini menampung 158 juta item di rak buku sepanjang 838 mil. Koleksi besar perpustakaan Kongres mencakup 33 juta buku, 13,5 juta foto, 98 juta manuskrip, 6,7 juta karya musik, 5,5 juta peta, dan 3,5 juta rekaman. Koleksinya juga bertambah sebanyak 2 juta item per tahun.

Bangunan megah ini didirikan pada tahun 1800, sebagai bagian dari gedung Capitol yang baru.

Pada tahun 1814, pasukan Inggris menghancurkan perpustakaan dan banyak koleksinya. Tahun berikutnya, mantan Presiden AS Thomas Jefferson menyumbangkan 24.000 USD dan 6.487 buku untuk memulihkan perpustakaan.

Selain koleksi buku terbesar, perpustakaan Kongres juga dikenal dengan desain arsitektur budayanya yang menakjubkan.

6. Bodleian Library

Bodleian Library

Perpustakaan Bodleian merupakan salah satu perpustakaan tertua di Eropa, yang sudah ada sejak tahun 1602 di lingkungan Universitas Oxford.

Dalam bangunan perpustakaan megah ini, tersimpan lebih dari 11 juta item. Diantaranya adalah empat salinan Magna Carta, Alkitab Gutenberg, dan Folio Pertama Shakespeare dari 1623.

Meskipun perpustakaan Bodleian terdiri dari beberapa bangunan, mungkin yang paling menarik secara visual adalah Radcliffe Camera, yang dibangun pada tahun 1737-1749 sebagai perpustakaan sains.

Perpustakaan melingkar paling awal di Inggris ini menjadi dikenal karena tampil di banyak film, seperti, Young Sherlock Holmes, The Saint, The Red Violin, dan The Golden Compass.

7. Biblioteca Apostolica Vaticana

Biblioteca Apostolica Vaticana

Bagi penggemar film-film misteri atau teori konspirasi, tentu tak asing dengan perpustakaan di Vatikan ini.

Perpustakaan Vatikan, berada dalam naungan yurisdiksi gerejawi Gereja Katolik di Roma, yang juga menjadi salah satu perpustakaan tertua di dunia.

Meskipun secara resmi didirikan pada tahun 1475, keberadaannya dalam bentuk awal berasal dari Gereja Katolik.

Selama hampir 600 tahun, perpustakaan telah bertambah koleksinya melalui akuisisi bersejarah, warisan secara sukarela dan hadiah.

Perpustakaan Vatikan saat ini memiliki lebih dari 1,1 juta buku, 75.000 manuskrip, dan lebih dari 8.500 incunabula. Tepatnya, perpustakaan memiliki manuskrip lengkap tertua dari Alkitab, serta banyak karya penting lainnya dari abad pertengahan.

8. Perpustakaan Kuno Alexandria

Perpustakaan Kuno Alexandri

Perpustakaan Alexandria adalah perpustakaan kuno terbesar dan terlengkap di dunia. Dengan menyimpan buku dan manuskrip (pada gulungan papirus) serta ruang pertemuan, taman, dan ruang kuliah pada pekarangannya.

Dianggap sebagai salah satu dari Tujuh Keajaiban Dunia Kuno, Perpustakaan Alexandria yang asli hancur secara tragis dalam kebakaran sekitar 2.000 tahun yang lalu.

Untuk membangun kembali perpustakaan, menghabiskan biaya 220 juta USD pada tahun 2002 silam.

Bagusnya, sekarang bangunan ini tidak hanya berfungsi sebagai perpustakaan saja, tetapi juga sebagai pusat budaya, planetarium, laboratorium restorasi naskah, galeri seni dan ruang pameran, museum, dan pusat konferensi.

Saat ini, koleksi perpustakaan berisi lebih dari 500.000 buku, tapi keseluruhan ruangan dapat menyimpan sampai 8 juta buku.

9. Seattle Central Library

Seattle Central Library

Bangunan ini begitu megah sekaligus modern, dengan desain kaca dan baja hasil rancangan arsitek Rem Koolhaas dan Joshua Prince-Ramus.

Dengan desain kontemporernya, para arsitek bertujuan untuk menciptakan ruang terbuka dan lapang, yang bertolak belakang dengan persepsi populer bahwa perpustakaan sebagai bangunan yang gelap dan pengap.

Bangunan yang terletak di Washington dan dibuka pada tahun 2004 ini, menampung lebih dari 1,45 juta buku dan bahan media campuran.

10. Perpustakaan Umum New York

Perpustakaan Umum New York

The New York Public Library sangat menakjubkan karena kemegahan bangunan, desain serta luasnya.

Dengan menampung koleksi lebih dari 50 juta item dan mencakup 87 perpustakaan, New York Public Library dapat melayani hingga 3,5 juta orang seluruh negara bagian.

Bagian yang menarik dari bangunan ini ialah ruang baca utamanya, yang terkenal dengan sebutan ruang mawar. Pada ruangan ini, terpampang jendela besar melengkung pada sepanjang dinding yang tinggi. Berhiaskan lampu gantung, serta langit-langit bermotif emas yang sangat memukau.

Karena kemegahan bangunannya, perpustakaan umum New York ini pun kerap menjadi latar berbagai film, sebut saja The Day After Tomorrow dan Ghostbusters.

Baca Juga: 7 Kota Terhijau di Dunia yang Ramah Lingkungan

Itulah 10 perpustakaan terbaik sekaligus memiliki arsitektur yang megah di dunia. Tertarik untuk berkunjung?

Bagikan Artikel Kece Badai