Kece Badai » Umum » Kumpulan Pertanyaan Umum Sehari-hari Beserta Jawabannya

Kumpulan Pertanyaan Umum Sehari-hari Beserta Jawabannya

Berikut deretan pertanyaan umum yang sering muncul, serta jawabannya!

Kenapa Rambut Bisa Beruban?

Rambut berubah warna umum terjadi pada setiap orang, bermula saat berumur 30 tahun, bahkan bisa lebih dini. Pertama, rambut akan berwarna abu-abu, lama-kelamaan bisa memutih atau yang biasa dikenal “uban”.

Mengapa itu bisa terjadi?

Rambut mendapatkan warna alami dari sel pigmen yang dikenal sebagai “melanosit”. Melanosit menghasilkan bahan kimia yang meneruskan melanin hitam, coklat tua, merah, dan kuning ke sel yang membuat bahan utama rambut, keratin.

Seiring bertambahnya usia, sel melanosit menurun, menyebabkan keratin menerima lebih sedikit pigmen. Ini menyebabkan rambut menjadi abu-abu. Akhirnya, sel-sel berhenti berfungsi sama sekali, yang menyebabkan rambut tidak lagi mendapatkan pigmen sama sekali dan memutih sepenuhnya.

Kenapa Langit Berwarna Biru?

Selain saat mendung, langit biasanya berwarna biru. Hal inilah yang sering ditanya anak-anak kecil, kenapa langit warnanya biru? Ini penjelasannya!

Langit berwarna biru terjadi karena cara benda-benda tertentu dapat memanipulasi cahaya. Sebagaimana prisma dapat membelokkan cahaya untuk menciptakan pelangi dan cermin dapat memantulkan cahaya kembali ke asalnya, beberapa objek dapat menyebarkan cahaya.

Cahaya putih dari Matahari mengenai molekul oksigen dan nitrogen yang menyusun sebagian besar atmosfer bumi dan tersebar untuk menghasilkan semua warna.

Namun, karena warna biru memiliki panjang gelombang yang lebih pendek daripada warna lainnya, warna tersebut lebih tersebar. Efek ini juga menjelaskan warna lain yang dapat muncul di langit.

Lebih dekat ke cakrawala, langit akan terlihat jauh lebih pucat. Di sini, cahaya telah merambat melalui lebih banyak udara dan telah tersebar lebih intensif, bercampur dengan warna lain dan kehilangan semburat birunya.

Dengan Matahari lebih rendah di langit, seperti halnya matahari terbenam, cahaya harus bergerak melalui lebih banyak cahaya. Ini menyebarkan cahaya biru lebih jauh, memungkinkan cahaya merah dan kuning melewatinya.

Kenapa Kita Sulit Mengingat Mimpi?

Pasti ada momen dalam hidup Anda, di mana Anda terbangun kemudian mencoba mengingat mimpi apa barusan. Mungkin Anda bisa mengingat mimpi tersebut, tapi hanya beberapa saat saja.

Lalu kenapa mimpi sulit diingat? Jawabannya karena beberapa faktor.

Pertama, kondisi otak selama tidur REM (Rapid Eye Movement), di mana sebagian besar mimpi terjadi, tidak cocok dengan memori jangka panjang.

Kedua, kekurangan hormon norepinefrin juga menjadi penyebab kita sulit mengingat mimpi. Hormon memainkan peran penting dalam memori dan tidak ada selama fase tidur REM.

Ketiga, yang membuat kita sulit mengingat mimpi adalah bahwa selama fase REM, neuron dari hipokampus mungkin tidak aktif seperti di waktu lain. Hal tersebut menyebabkan neuron lain yang membantu merekam ingatan menjadi macet. Itulah sebabnya mimpi cepat memudar dari ingatan.

Kenapa Ada Pelangi?

Pelangi disebabkan oleh sinar matahari dan kondisi atmosfer. Cahaya memasuki tetesan air, melambat dan menekuk saat berpindah dari udara ke air yang lebih padat.

Cahaya memantulkan bagian dalam tetesan, memisahkan diri menjadi komponen panjang gelombang atau warna. Saat cahaya keluar dari tetesan, itu membuat pelangi.

Seberapa Panas Matahari?

Jika pada saat musim panas saja matahari rasanya begitu menyengat, apalagi matahari itu sendiri?

So, seberapa panas matahari?

Matahari memiliki suhu rata-rata 5504,85 derajat Celcius. Sedangkan suhu rata-rata di Indonesia saja berkisar antara 28 sampai 34 derajat Celcius. Bisa dibayangkan bukan betapa panasnya matahari?

Baca Juga:

Itulah daftar pertanyaan umum seputar kehidupan sehari-hari beserta jawabannya. Semoga dapat menambah wawasan Anda!

Bagikan Artikel Kece Badai